Nggak Hanya Untuk Orang Tua, Manfaat Dari 6 Jamu Ini Juga Perlu Dirasakan Anak Muda

Sebagai negeri yang kaya dengan rempah dan tanaman herbal, sejak dahulu masyarakat Indonesia telah memanfaatkan kekayaan alam tersebut untuk berbagai hal. Mulai dari dijadikan bumbu untuk memasak hingga diolah untuk kepentingan kesehatan, seperti jamu tradisional.

Sayangnya, seiring dengan kemajuan teknologi, kebiasaan untuk meneguk jamu tradisional sudah jarang sekali dilirik. Apalagi dari kalangan muda seperti kita ini. Padahal, jamu tradisional itu memiliki khasiat dan manfaat yang cukup banyak, nggak hanya untuk orang tua tetapi juga untuk anak muda. Mau tahu apa saja khasiatnya? Simak artikel berikut, yuk!

1. Kalau kamu anak muda yang sering begadang, meminum jamu beras kencur bisa membantu menyegarkan badan

bikin badan lebih segar

Kalau bicara jamu, beras kencur mungkin jadi salah satu yang pertama kali terlintas di pikiranmu. Beras kencur memang merupakan jamu yang cukup terkenal, apalagi untuk anak muda. Pasalnya, beras kencur memiliki rasa yang sederhana dan manis sehingga nggak hanya orang tua saja yang bisa menikmati, tetapi anak muda juga turut menyukainya.

Untuk anak muda sepertimu, meminum beras kencur secara rutin 2 kali setiap minggunya dapat memberikan banyak manfaat yang cukup signifikan, lho. Beras kencur memiliki khasiat sebagai penambah stamina dan mengurangi rasa lelah. Kalau kamu banyak aktivitas di kampus dan sering begadang karena tugas, minum beras kencur di pagi hari bisa jadi recovery yang baik. Badanmu akan terasa lebih segar dibanding sebelumnya.

Selain itu, untuk kamu yang cewek-cewek, beras kencur memiliki khasiat untuk mengurangi gas yang ada dalam perutmu. Jadi, perutmu nggak akan mudah kembung dan terlihat lebih ramping, deh. Kamu pun bisa jadi semakin percaya diri.

2. Nyeri haid bukan lagi masalah bulanan, jika para cewek rajin meminum jamu kunyit asam

Jamu pereda nyeri haidmu

Hampir sama seperti jamu lainnya, kunyit asam juga memiliki khasiat untuk membuat tubuhmu terasa lebih segar dan bertenaga. Hanya saja, untuk para cewek, jamu kunyit asam memiliki khasiat lain yang nggak kalah bermanfaatnya.

Kunyit asam adalah salah satu minuman yang disarankan untuk diteguk pada haid hari pertama dan kedua. Saat-saat itu, biasanya para cewek sering merasakan nyeri di perut bagian bawah akibat kontraksi dinding rahim yang meluruh. Nah, meminum kunyit asam ini dapat mengurangi rasa nyeri tersebut karena memiliki kandungan curcuminoid. Selain itu, kunyit asam juga dapat membuat darah haidmu keluar dengan lebih lancar.

3. Sebagai anak muda yang aktif, terserang penyakit bisa sangat merugikan. Jaga daya tahan tubuhmu dengan meneguk jamu temulawak

Temulawak untuk daya tahan tubuh

Waktu kecil, kamu sering diberi minuman penambah nafsu makan oleh ibumu? Kemungkinan besar minuman yang diberikan itu adalah jamu temulawak. Yap, jamu temulawak memang sejak dulu dipercaya dapat menambah nafsu makan, terutama untuk anak-anak kecil. Namun, khasiat jamu temulawak ini nggak hanya berhenti di usia kanak-kanak saja. Sampai dewasa dan tua pun kamu masih bisa tetap merasakan manfaatnya.

Jika dikonsumsi secara rutin setiap 2 kali dalam seminggu, jamu temulawak ini dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu. Kamu pun nggak lagi mudah terserang penyakit seperti dulu. Selain itu, untuk para cewek, meminum jamu temulawak setelah melahirkan kelak akan memperlancar produksi ASI, lho. Bayimu nanti nggak akan kekurangan asupan gizi, deh.

4. Pahitnya jamu sambiloto bukanlah halangan, karena khasiatnya menjadikan wajah bebas jerawat dan mengatasi masalah keputihan yang seringkali dialami para cewek

jamu tradisional

Jamu satu ini mungkin akan kurang bisa dinikmati oleh anak muda sepertimu. Soalnya, jamu yang dibuat dari bahan dasar daun sambiloto ini memiliki rasa yang cukup pahit. Sampai-sampai, jamu sambiloto lebih dikenal dengan nama jamu pahitan oleh kebanyakan orang.

Di samping rasanya yang pahit, sesekali dalam sebulan kamu perlu juga lho untuk meneguk minuman herbal ini. Jamu sambiloto memiliki khasiat yang dapat membersihkan darah, sehingga nantinya jerawat nggak lagi mudah muncul di wajahmu. Selain itu, untuk para cewek, jamu sambiloto dapat mengurangi keputihan yang kamu alami setiap bulannya, lho.

Oh iya, tenang saja, kamu nggak akan merasakan pahit yang berkepanjangan, kok. Biasanya, setelah meminum jamu ini, kamu akan diberi cairan manisan oleh tukang jamu untuk menetralisir rasa pahit yang kamu rasakan.

5. Badan terasa pegal atau kamu sedang sakit gigi? Jamu cabe puyang adalah ramuan yang perlu kamu minum

jamu berkhasiat bagi tubuh

Memiliki aktivitas yang seabrek, tentu saja tubuhmu sering terasa lelah dan pegal-pegal. Rasa lelah mungkin bisa kamu atasi dengan istirahat yang cukup, tapi tidak dengan pegal-pegal yang mulai bisa terasa hilang setelah dipijat atau memakai balsam tertentu.

Kalau memang tubuhmu sering merasa demikian, coba deh untuk mulai rajin meminum jamu cabe puyang. Jamu ini memiliki khasiat yang dipercaya dapat mengobati rasa pegal-pegal pada tubuhmu—nama lainnya saja jamu pegal linu. Khasiat ini didapat dari zat piperin dan minyak atsiri, yang mana bermanfaat untuk merilekskan saraf-saraf pusat. Selain itu, kalau kamu sedang sakit gigi, jamu cabe puyang juga punya kandungan zat analgesik yang bisa meredakan rasa nyeri pada gigimu itu.

Tenang, rasa jamu ini nggak pedas seperti cabai rawit kok, soalnya cabai yang digunakan adalah cabai khusus untuk jamu.

6. Supaya anakmu kelak tumbuh sehat, minumlah jamu gepyokan untuk produksi ASI yang lebih baik dan lancar

daun katuk, campuran utama jamu gepyokan

Jamu yang satu ini biasanya ditujukan untuk para wanita yang sudah menikah. Namun, sebelum terlambat mengetahuinya, Hipwee mau kasih tahu kalian dulu nih khasiat dari jamu yang bernama gepyokan ini.

Jamu gepyokan dibuat dari jahe, kencur, dan daun katuk yang di-gepyok atau ditumbuk, lalu diperas sarinya. Mengapa jamu ini ditujukan untuk wanita yang sudah menikah? Jamu gepyokan memiliki manfaat untuk memperlancar keluarnya ASI setelah melahirkan. Khasiat ini didapat dari daun katuk dan kencur yang digunakan sebagai bahan dasar. Selain itu, digunakannya jahe sebagai bahan dasar juga bisa membisa memberikan efek rileks untuk tubuhmu.

Ingat-ingat dengan baik ya khasiat jamu gepyokan ini. Jadi, saat kamu melahirkan nanti, khasiatnya bisa segera kamu rasakan.

Terbukti ‘kan kalau jamu nggak lagi hanya untuk orang tua saja? Kamu yang masih muda juga nggak perlu malu untuk mulai meneguknya. Beragam khasiatnya yang ditawarkan jamu-jamu tradisonal ini tak seharusnya diabaikan karena rasa enggan dan malu, lho! :)

Sumber : Hipwee.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s