Bisnis Camilan Itu Menjanjikan Untung Besar, 5 Resep Makanan Ini Bisa Kamu Pilih Jadi Produk Andalan

Kamu ingin mendapatkan uang tambahan?

Tak hanya mengandalkan kiriman orangtua atau gaji bulanan saja, pundi-pundi uang bulanan bisa bertambah dengan cara berwirausahaa atau berbisnis. Dengan modal kecil, kamu bisa memulai bisnis camilan atau makanan ringan.

Bisnis ini cukup menggiurkan dan menawarkan untung besar. Pasalnya, meski nominalnya tak besar, putaran uang dalam bisnis cenderung cepat. Namun ada syaratnya, pastikan masakanmu enak dan menarik untuk dipandang. Nah, jika kamu berniat memulai bisnis ini sembari kuliah atau bekerja, 6 resep makanan ini bisa jadi inspirasi menarik untuk barang dagangan.

1. Martabak bolu mini bukan hanya bikin perut terisi, para konsumen juga jadi tertarik untuk melirik.

Resep martabak mini untuk jualan

Martabak adalah salah satu makanan yang sudah punya banyak penggemar. Nah, ini bisa menjadi kesempatan buatmu untuk membuatnya jadi barang dagangan. Jika banyak pedagang bikin martabak berukuran besar yang dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Buatlah inovasi dengan martabak mini yang justru bisa menjadi daya tarik para pecinta martabak.

Bahan yang dibutuhkan adalah :

  • 250 gr tepung terigu
  • 50 gr gula pasir
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam
  • 300 cc susu cair
  • 3 butir telur
  • 30 gr gula
  • 1/2 sdt ragi instan
  • 50 gr mentega dicairkan

Bahan untuk topping :

  • Butter
  • gula pasir
  • susu kental manis
  • keju parut
  • cokelat meises

Cara membuat :

  • Pertama-tama, masukkan terigu, gula, baking powder, dan garam dalam satu wadah. Sembari diaduk denganmixer,  tambahkan susu sedikit demi sedikit.
  • Jika adonan sudah rata, masukkan ragi instan lalu diamkan selama 30 menit.
  • Sembari menunggu adonan mengembang, kocoklah telur dan gula menggunakan sendok. Kemudian masukkan telur ini dalam adonan beserta mentega dan baking powder.
  • Setelah itu, panaskan cetakan dan masukkan adonan sesuai cetakan.
  • Jika sudah mengembang dan terbentuk pori diatasnya, kamu taburi gula pasri sesuai selera. Lalu tutup dan biarkan hingga matang.
  • Kemudian lepaskan martabak dari cetakan. Lalu olesi dengan butter dan tambahan bahan topping diatasnya.
  • Jadi deh.

Cara membuatnya mudah ‘kan? Jika ingin martabak mini ini terlihat lebih cantik, kamu bisa membuat variasi topping dari kismis atau buah-buahan segar. Lalu jangan lupa gunakan kemasan yang menarik seperti kertas atau mika. Makanan secantik ini, pasti banyak orang yang tak segan mampir ke kedaimu.

Resep ini terinspirasi dari sini.

2. Dengan bermodal minim, produk bisnis Koi Fish Jelly sudah bisa kamu bikin. Orang-orang pasti penasaran dengan bentuknya yang unik.

Resep agar agar koi yang enak untuk jualan

Siapa bilang agar-agar atau jelly itu membosankan. Gak jarang orang-orang memilih makanan ini sebagai pengganjal perut pada siang yang panas. Tak melulu di kemas dalam cup, menyajikan agar-agar dalam bentuk ikan koi justru lebih unik. Tanpa banyak modal dan bahan, makanan ini bisa kamu buat dengan langkah mudah.

Bahan yang dibutuhkan :

  • 12 gram agar-agar
  • 160 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • 700 ml air
  • Pewarna makanan, encerkan dalam air matang
  • Kismis

Cara membuatnya :

  • Pertama-tama, masukkan air, agar-agar dan gula ke dalam panci dan aduk hingga rata.
  • Lalu masukkan daun pandan sebagai pewangi tambahan.
  • Sembari menunggu mendidih, potong kismis dan taruh pada cetakan ikan sebagai mata.
  • Lalu masukkan beberapa tetes pewarna makanan sebagai hiasan.
  • Nah,  barulah masukkan adonan agar-agar.
  • Tunggu hingga dingin dan siap disajikan.

Selain bisa dibuat dengan langkah yang cukup singkat, modal yang kamu butuhkan juga tak banyak. Nah, jika kamu menjualnya pada sekolah atau lingkungan yang banyak anak kecil, gak mustahil koi fish jelly mu ini pasti bakal laris manis. Menarik ‘kan?

Resep ini terinspirasi dari sini.

3. Pengen nambah uang jajan tapi bingung mau jualan apa? Donat stick yang lezat dan gampang dibuat bisa jadi jalan keluarnya.

Resep donat stick untuk bisnis

Menambah uang bulanan itu ada banyak cara, selain kerjapartime, kamu juga bisa memulai berbisnis kecil-kecilan. Salah satunya dengan jualan makanan. Nah, jika kamu ingin menjual makanan yang banyak disukai orang, donat bisa sebagai pilihan andalan. Selain cara membuatnya cukup mudah, peralatan masak yang dibutuhkan juga gak ribet.

Bahan yang kamu butuhkan :

  • 300 gr tepung terigu
  • 1/2 sdm ragi instan
  • 50 gr gula pasir
  • 20 gr susu bubuk
  • 1 butir telur
  • 100 ml air es
  • 30 gr margarin
  • 1 sdt garam
  • 20 buah tusuk sate

Bahan untuk isian :

  • 150 gr keju dipotong dadu

Cara membuat:

  • Pertama-tama kamu aduk rata tepung terigu, ragi instan, gula, dan susu bubuk dalam satu wadah.
  • Setelah itu masukkan telur dan air es sedikit demi sedikit sembari diaduk rata.
  • Lalu masukkan margarin dan garam. Dan diamkan selama 15 menit agar menggembang.
  • Setelah itu, bikin bulatan dan masukkan dadu keju ke dalamnya. Dan diamkan selama 30 menit.
  • Goreng hingga kecoklatan. Lalu rangkai 3-4 potong donat isi pada tusuk sate.
  • Agar lebih menarik, kamu bisa tambahkan lelehan coklat, ceres, atau trimit di atasnya.

Nah, dengan kemasan donat seperti ini, orang-orang pasti bakal lebih tertarik untuk membeli.

4. Popsicle buah adalah surga bagi dahaga dan teriknya panas. Saatnya kamu jual kesegarannya dalam aneka rasa.

Resep posicle buah untuk jualan

Siapa sih yang gak kehausan dan gerah saat matahari sedang terik-teriknya? Nah, hal ini bisa menjadi peluang bagi kamu yang ingin memulai bisnis kecil-kecilan. Tak hanya minuman segar, kamu bahkan bisa jualan popsicle buah yang segar dan dingin itu. Cara pembuatannya juga cukup mudah dan gak ribet kok.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Buah -buahan segar
  • air
  • gula atau susu (tidak wajib)

Cara membuatnya :

  • Cuci bersih 2-3 buah yang akan kamu gunakan sebagai varian rasa (misalnya strawberi, mangga, dan anggur)
  • Potong salah satu buah dan haluskan dengan blender. Jangan lupa tambahkan air ya. Jika kamu suka rasa yang agak manis, tambahkan susu atau gula pasir. (Lakukan untuk 2 jenis buah lainnya)
  • Lalu masukkan jus pertama pada cetakan, cukup 1/3 bagian saja dan dinginkan hingga mengeras.
  • Kemudian tambahkan jus kedua pada lapisan atasnya 3/4 bagian dan masukkan freezer. Setelah itu masukkan jus ketiga hingga penuh. Dan tunggu hingga mengeras.

Hanya bermodal freezer dan blender, popsicle buah yang segar bisa kamu jadikan barang dagangan. Bidik pelanggan yang kehausan, misalnya di lapangan saat minggu pagi sehabis jogging atau dijual di kantin kampus. Jika kamu bisa memberikan varian rasa yang menarik, gak mustahil pundi-pundi uangmu bisa bertamah banyak. Kamu berminat mencoba?

Resep ini terinspirasi dari sini.

5. Jualan pisang tanpa olahan mungkin jarang orang yang melirik, tapi kalau dikemas jadi banana chocolate stick, orang-orang pasti tertarik.

Resep banana choco untuk bisnis

Pisang adalah buah pengganjal lapar yang cocok di konsumsi kapan saja. Namun, kalau dijual langsung dari tandan pisang dan tidak olah menjadi makanan yang enak, jarang orang yang akan meliriknya. Eits tenang, dengan langkah dan modal cekak, kamu bisa menyulap pisang jadi produk bisnis yang menjanjikan, yaitu banana chocholate stick.

Bahan yang dibutuhkan :

  • 3 Pisang ambon matang berukuran sedang
  • 150 gram coklat batang yang dilelehkan dengan 1 sdm mentega

Bahan untuk topping :

  • ceres, trimit, kacang, kismis atau almond.

Cara membuatnya :

  • Pertama-tama tusukkan potong pisang 10-14 cm pada stick eskrim.
  • Lalu celupkan pada lelehan coklat yang sudah kamu buat.
  • Tunggu sebentar, lalu gulingkan atau taburi pisang pada topping yang sudah kau sediakan.
  • Jadi deh!

Caranya simple banget ‘kan? Hanya bermodal pisang dan lelehan coklat, kamu bisa membuat jajanan yang menarik. Selain bergizi tinggi, banana chocolate stick juga bisa dijual dengan harga yang tidak terlalu tinggi.

Resep ini terinspirasi dari sini.

Menambah pundi-pundi uang itu ada sejuta cara, salah satunya adalah jualan camilan. Tanpa perlu bingung-bingung mau jualan apa, 6 resep ini bisa jadi pilihannya.

Selamat mencoba, semoga berhasil ya.

Sumber : Hipwee.com

Cinta Habibie Pada Ainun yang Tak Pernah Sirna Walau Ajal Memisahkan

Romantisme dan cinta Presiden RI ke tiga BJ Habibie kepada almarhum istrinya Ainun tak hanya tergambar melalui filmnya saja. Cinta itu nyata dan masih terus berlanjut meski secara fisik Ibu Ainun sudah tak lagi hadir menemani Pak Habibie.

Beberapa tahun lalu, wanita yang telah empat puluh delapan tahun mendampingi Pak Habibie ini meninggal karena sakit yang dideritanya. Duka yang mendalam menghinggapi Pak Habibie. Bayangkan saja, wanita yang menjadi cinta pertama dan menemani perjalanan karirnya dari  Jerman hingga menjadi presiden Republik Indonesia, tiba-tiba harus pergi. Meski Pak Habibie tak lagi menangisi kepergian istrinya, namun cinta padanya selalu hadir dan tak pernah tergantikan.

Cinta itu diwujudkan dalam bentuk bunga yang selalu menghiasi makam Ibu Ainun.

Dari Path

Begitulah pengakuan netizen yang bercerita tentang makam Ibu Ainun yang selalu dihiasi dengan bunga segar. Pengguna Path tersebut bercerita bahwa saat dia nyekar ke makam opanya di Taman Makam Pahlawan Kalibata, dia mendapati sebuah makam yang cantik dengan bunga-bunga segar. Setelah bertanya kepada penjaga, dia pun mendapati bahwa makam tersebut merupakan makam Ibu Ainun, istri Presiden RI ke tiga Bapak BJ Habibie. Kisah yang menyentuh tersebut pun dibagikannya ke dunia maya.

Setiap Jumat, Pak Habibie selalu mengunjungi makam Ibu Ainun untuk berdoa dan tahlilan di sana.

Tiap Jum'at

Menurut penjaga makam tersebut, Pak Habibie rutin datang ke makam Ibu Ainun dengan membawa bunga. Di pekan-pekan pertama sejak kepergian Ainun, hampir setiap hari Habibie datang ke makam sang istri dan membaca doa. Gara-gara kebiasaan ini salah seorang sahabat Habibie, Alm. Rosihan Anwar, pernah menasehatinya. Dia mengatakan, bahwa dirinya juga pernah mengalami hal yang sama dengan Pak Habibie; yakni merasa kehilangan dan mengunjungi makam setiap hari. Pada Pak Habibie, Rosihan Anwar mencoba mengingatkan bahwa hidupnya harus terus berjalan, meski rasa cinta itu tak pernah padam. Sekarang Habibie hanya menyempatkan diri untuk ke makam pada hari Jum’at saja.

Dua hari sekali, selalu ada orang yang datang untuk membersihkan dan mengganti bunga di makam Ibu Ainun.

Bunga diganti setiap dua hari

Dalam cerita yang ditulis netizen tersebut juga dikisahkan bahwa setiap dua hari selalu ada orang yang datang untuk mengganti bunga di makam Ibu Ainun. Rupanya, Pak Habibie selalu ingat bahwa Ibu Ainun selalu suka dengan keindahan. Untuk itu Pak Habibie tak ingin makam Ibu Ainun tampak sepi. Melalui bunga-bunga segar, Pak Habibie seolah ingin menghadirkan kesegaran di makam Ibu Ainun.

Pak Habibie pun telah menyiapkan lahan khusus di samping makam Ibu Ainun, jika sudah dipanggil Sang Pencipta pun beliau tak ingin jauh-jauh dari kekasihnya.

Tak mau jauh-jauh :'(

Dalam foto yang diunggah oleh salah seorang netizen itu pun juga nampak bahwa lahan samping Ibu Ainun masih kosong. Ya. Lahan itu memang disiapkan khusus untuk Pak Habibie. Sebagai seorang manusia biasa, Pak Habibie sadar bahwa pada saatnya nanti ada waktunya beliau harus pergi dari dunia karena dipanggil Sang Pencipta. Untuk itu, Pak Habibie telah menyiapkan sebuah tempat untuk istirahat panjangnya nanti. Tempat itu tidak lain ada tepat di samping Ibu Ainun.

“Saat meninggal pun, beliau tidak ingin jauh-jauh dari Ibu Ainun,”

Tak sekedar mengharukan, kisah Habibie dan Ainun juga memberikan kita pelajaran bahwa cinta bisa terus tumbuh dan bisa diungkapkan bahkan kepada ia yang telah pergi untuk selamanya.

Dari kisah Pak Habibie dan Ibu Ainun, kita banyak mendapatkan pelajaran. Tentang cinta yang tumbuh dengan sederhana. Tentang perjuangan hidup yang dilewati dengan saling berbagi. Dan, tentang keikhlasan hati yang harus dilewati saat salah satu harus pergi. Kecintaan Pak Habibie pada sang istri ini juga mengajarkan pada kita bahwa cinta sejati tak akan mampu pergi meski secara fisik, dia yang kita cinta sudah tak tampak lagi. Pak Habibie juga mengajarkan pada kita bagaimana mengingat mereka yang sudah terlebih dahulu pergi. Mengirim doa adalah cara terbaik mencintai mereka yang sudah dipanggil Sang Pencipta.

Nah, kalau Pak Habibie setiap minggu rutin mengirim doa untuk istrinya yang telah tiada, bagaimana dengan kamu? Sudah kah kamu mendoakan mereka keluarga atau teman yang telah terlebih dahulu pergi? Mumpun sebentar lagi bulan puasa, yuk jangan malas-malasan kalau diajak orang tua nyekar!

Sumber : Hipwee.com

Daripada Dibuang Sia-Sia Atau Disimpan Begitu Saja, Kancing Baju Bisa Dibikin Jadi 8 Barang Menarik Ini!

Kamu punya baju atau celana yang sudah lama tak kamu pakai lagi? Daripada ditumpuk begitu saja, kamu bisa mencopot kancingnya untuk membuat proyek-proyek DIY yang kreatif dan menarik. Misalnya saja penghias dinding, kap lampu, sampai mangkok dan sepatu.

Kamu juga bisa membeli satu pak kancing plastik warna-warni di toko alat jahit dengan harga yang tak seberapa. Cuma butuh sedikit kreativitas kok untuk menyulapnya menjadi barang-barang yang cantik dan serbaguna. Mau tahu barang apa saja? Yuk lihat di bawah ini!

1. Dengan sedikit kreativitas, kancing warna-warni bisa bikin jam dindingmu nggak membosankan lagi

Jam dinding menarik

Mungkin kamu memiliki jam dinding berwarna putih atau hitam polos di kamarmu. Daripada dibiarkan tak bermotif begitu saja, kamu bisa menambahkan kancing warna-warni agar benda ini makin semarak. Dengan jam dinding yang menarik seperti ini, dijamin kamu tak akan lupa waktu, deh.

Bahan yang harus disiapkan:

  • Lem yang kuat (misalnya lem tembak)
  • Jam dinding
  • Kancing warna-warni secukupnya

Cara menyiapkannya:

  1. Bersihkan jam dindingmu dari debu dan kotoran yang mungkin menempel di permukaannya
  2. Siapkan kancing warna-warni. Tempelkan satu per satu secara acak di atas permukaan jam dinding dengan mengelemnya
  3. Jika seluruh permukaan jam telah ditempeli kancing, biarkan hingga lemnya mengering sempurna
  4. Gantung jam kembali di atas dinding. Tada! Sekarang tak hanya jam dindingmu jadi menarik, dinding kamarmu pun semakin ramai dan tak membosankan

2. Kamu bisa membuat sendiri hiasan dinding ini dari kanvas, kain perca dan kancing warna-warni

Hiasan dinding lucu

Ingin mendekorasi kamarmu dengan hiasan yang tak mahal namun juga menarik? Hiasan yang terbuat dari kanvas yang dilapisi kain ini bisa kamu buat sendiri. Yang kamu butuhkan hanyalah:

  • 4 papan kanvas berukuran serupa
  • 4 potongan kain perca bermotif
  • Lem kain
  • Kancing aneka warna
  • Pola huruf L – O – V – E dari kertas (Monotype Corsivaukuran 500 pt.)
  • Kapur kain
  • Jarum dan benang

Nah, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut untuk membuatnya:

  1. Dengan lem, bungkus papan kanvas dengan kain perca
  2. Letakkan pola huruf dari kertas di atas papan kanvas dan tusuk pola-pola huruf tersebut dengan jarum pentul
  3. Gambarlah huruf di atas kain mengikuti pola dengan kapur kain
  4. Nah, setelah ini, mulailah menjahit kancing satu persatu di atas kanvas mengikuti pola yang sudah kamu gambar. Agar hasilnya makin menarik, kamu juga bisa menjahit kancing yang berukuran kecil di samping atau di atas yang besar
  5. Setelah semua kancing terjahit mengikuti pola, pasang papan kanvas itu di dinding
  6. Voila! Sekarang kamu punya hiasan cantik yang murah dan mudah dibuatnya.

3. Aksesoris dari kancing dan renda putih ini bisa mempercantik penampilanmu. Untuk membuatnya pun tidak sulit

Gelang cantik yang bisa dibuat sendiri

Apakah kamu sedang bingung mencari aksesoris untuk mempercantik penampilan saat datang ke acara-acara formal? Tak usah bingung lagi, karena sekarang kamu bisa membuat gelang cantik dari renda dan kancing putih ini. Caranya pun mudah. Yang kamu butuhkan hanyalah:

  • Renda warna putih tulang
  • Kancing putih
  • Benang warna senada

Untuk membuatnya, pertama-tama jejerkan kancing putih membentuk satu garis lurus. Sambungkan satu kancing ke kancing lainnya dengan benang yang kamu jahitkan ke salah satu lubangnya. Sekarang kamu ulangi tahapan tadi sehingga kamu punya dua “baris” kancing putih. Sambungkan dua baris kancing itu menjadi satu dengan benang untuk mendapatkan sebuah gelang yang cantik. Terakhir, bikin gelangmu lebih manis lagi dengan renda putih. Caranya, masukkan renda tersebut ke bolongan yang ada di antara baris kancing sebelah atas dan baris kancing sebelah bawah.

Tada! Jadilah gelang cantik yang bisa membuat penampilanmu lebih menarik di kondangan dan acara-acara resmi lainnya.

4. Hanya dengan menambahkan sebutir kancing di atas bobby pin, kamu bisa punya jepit rambut yang mempesona

Jepit lucu

Cewek mana sih yang nggak gemas melihat jepit-jepit lucu dipajang di mall? Sayangnya, jepit-jepit ini tak jarang punya harga yang cukup menguras kantong. Nah, sekarang kamu tak perlu khawatir, karena kamu sudah bisa membuat jepit lucu sendiri dengan bobby pin dan sebutir kancing. Yang perlu kamu punya cuma bobby pin, kancing, lem, dan benang kok.

Caranya juga gampang:

  1. Tempelkan kancing di atas bobby pin dengan lem super
  2. Supaya kancingnya menempel lebih kuat, ikat di atas bobby pin dengan benang (lihat gambar di bawah)

Cara menempelkan kancing di bobby pin

Selesai! Gampang ‘kan?

5. Siapa saja bisa membuat wadah serbaguna ini. Untuk tempat menaruh kunci, peniti, atau barang kecil apapun supaya rumahmu rapi

Wadah dari kancing warna-warni

Apakah barang-barang kecilmu seperti kunci dan peniti sering terselip dan jatuh tanpa sengaja? Kalau iya, buat saja wadah dari kancing warna-warni yang ditempel dengan lem ini. Caranya mudah, kok.

Untuk membuatnya, kamu hanya butuh balon, kancing, dan lem. Pertama, tiuplah balonmu hingga mengembang. Lalu, tempelkan kancing warna-warni dengan hati-hati di permukaannya. Kira-kira seperti gambar di bawah ini:

Tiup balon hingga mengembang

Biarkan kancing-kancing tersebut mengering selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu, ledakkan balon dengan jarum, dan tadaaa! Kancing-kancing yang berjajar rapi telah menjadi wadah serbaguna yang cantik dan bisa kamu manfaatkan agar barang-barang mungilmu tak cepat hilang.

6. Sekarang, kamu juga bisa menyulap kancing plastik aneka warna jadi magnet kulkas, lho

Magnet kancing

Kancing tak hanya bisa digunakan untuk baju dan celana. Sekarang, kamu juga bisa menjadikannya hiasan magnet untuk menempelkan catatan belanja dan to-do list di atas kulkasmu. Cara membuatnya pun mudah! Kamu cuma butuh kancing plastik berukuran besar, magnet, dan lem. Tempelkan kancing tersebut di atas magnet dengan lem. Jadi, deh! Magnet cantik ini siap menghiasi kulkasmu.

7. Selain penting buat baju dan celana, kancing sekarang juga bisa dibikin jadi tirai pintu yang lucu

Tirai dari kancing

Yang satu ini memang butuh banyak kancing. Tapi cara membuatnya sederhana, alatnya pun sebenarnya nggak banyak. Cuma tali tipis warna bening, papan kayu untuk menggantungkan tiraimu, serta tentu saja kancing. Untuk membuatnya, kamu hanya tinggal menghubungkan kancing satu-satu dengan tali, lalu mengaitkan bagian atas tali di papan kayu.

Tirai ini akan lebih cantik kalau kancing yang kamu pakai bervariasi. Nah, tertarik mencobanya?

8. Punya sepatu flat yang sudah lecet permukaannya? Tak usah membeli baru, kamu bisa menutupi lecet di sepatumu dengan kancing-kancing lucu

Sepatu kancing

Punya sepatu flat yang sudah lama nggak dipakai karena lecet-lecet? Sekarang, kamu bisa menutupi bagian lecet itu dengan kancing warna-warni yang menarik mata.

Bahan yang dibutuhkan:

  • Kancing aneka warna
  • Sepatu
  • Lem panas

Setelah membersihkan sepatumu dari debu, tempelkanlah kancing-kancing satu per satu di atas sepatu dengan menggunakan lem. Setelah itu, biarkan semalaman hingga lemnya mengering. Voila! Jadilah sepatu cantik yang seperti baru!

Kalau kamu punya baju atau celana yang sudah tak dipakai lagi, tak ada salahnya kamu menggunakan kancing-kancingnya untuk membuat barang-barang DIY kreatif seperti di atas. Kalau butuh banyak kancing, beli saja tambahan kancing plastik warna-warni di toko alat jahit dengan harga yang tak mahal.

Selamat mencoba!

Sumber : Hipwee.com

Nggak Hanya Untuk Orang Tua, Manfaat Dari 6 Jamu Ini Juga Perlu Dirasakan Anak Muda

Sebagai negeri yang kaya dengan rempah dan tanaman herbal, sejak dahulu masyarakat Indonesia telah memanfaatkan kekayaan alam tersebut untuk berbagai hal. Mulai dari dijadikan bumbu untuk memasak hingga diolah untuk kepentingan kesehatan, seperti jamu tradisional.

Sayangnya, seiring dengan kemajuan teknologi, kebiasaan untuk meneguk jamu tradisional sudah jarang sekali dilirik. Apalagi dari kalangan muda seperti kita ini. Padahal, jamu tradisional itu memiliki khasiat dan manfaat yang cukup banyak, nggak hanya untuk orang tua tetapi juga untuk anak muda. Mau tahu apa saja khasiatnya? Simak artikel berikut, yuk!

1. Kalau kamu anak muda yang sering begadang, meminum jamu beras kencur bisa membantu menyegarkan badan

bikin badan lebih segar

Kalau bicara jamu, beras kencur mungkin jadi salah satu yang pertama kali terlintas di pikiranmu. Beras kencur memang merupakan jamu yang cukup terkenal, apalagi untuk anak muda. Pasalnya, beras kencur memiliki rasa yang sederhana dan manis sehingga nggak hanya orang tua saja yang bisa menikmati, tetapi anak muda juga turut menyukainya.

Untuk anak muda sepertimu, meminum beras kencur secara rutin 2 kali setiap minggunya dapat memberikan banyak manfaat yang cukup signifikan, lho. Beras kencur memiliki khasiat sebagai penambah stamina dan mengurangi rasa lelah. Kalau kamu banyak aktivitas di kampus dan sering begadang karena tugas, minum beras kencur di pagi hari bisa jadi recovery yang baik. Badanmu akan terasa lebih segar dibanding sebelumnya.

Selain itu, untuk kamu yang cewek-cewek, beras kencur memiliki khasiat untuk mengurangi gas yang ada dalam perutmu. Jadi, perutmu nggak akan mudah kembung dan terlihat lebih ramping, deh. Kamu pun bisa jadi semakin percaya diri.

2. Nyeri haid bukan lagi masalah bulanan, jika para cewek rajin meminum jamu kunyit asam

Jamu pereda nyeri haidmu

Hampir sama seperti jamu lainnya, kunyit asam juga memiliki khasiat untuk membuat tubuhmu terasa lebih segar dan bertenaga. Hanya saja, untuk para cewek, jamu kunyit asam memiliki khasiat lain yang nggak kalah bermanfaatnya.

Kunyit asam adalah salah satu minuman yang disarankan untuk diteguk pada haid hari pertama dan kedua. Saat-saat itu, biasanya para cewek sering merasakan nyeri di perut bagian bawah akibat kontraksi dinding rahim yang meluruh. Nah, meminum kunyit asam ini dapat mengurangi rasa nyeri tersebut karena memiliki kandungan curcuminoid. Selain itu, kunyit asam juga dapat membuat darah haidmu keluar dengan lebih lancar.

3. Sebagai anak muda yang aktif, terserang penyakit bisa sangat merugikan. Jaga daya tahan tubuhmu dengan meneguk jamu temulawak

Temulawak untuk daya tahan tubuh

Waktu kecil, kamu sering diberi minuman penambah nafsu makan oleh ibumu? Kemungkinan besar minuman yang diberikan itu adalah jamu temulawak. Yap, jamu temulawak memang sejak dulu dipercaya dapat menambah nafsu makan, terutama untuk anak-anak kecil. Namun, khasiat jamu temulawak ini nggak hanya berhenti di usia kanak-kanak saja. Sampai dewasa dan tua pun kamu masih bisa tetap merasakan manfaatnya.

Jika dikonsumsi secara rutin setiap 2 kali dalam seminggu, jamu temulawak ini dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu. Kamu pun nggak lagi mudah terserang penyakit seperti dulu. Selain itu, untuk para cewek, meminum jamu temulawak setelah melahirkan kelak akan memperlancar produksi ASI, lho. Bayimu nanti nggak akan kekurangan asupan gizi, deh.

4. Pahitnya jamu sambiloto bukanlah halangan, karena khasiatnya menjadikan wajah bebas jerawat dan mengatasi masalah keputihan yang seringkali dialami para cewek

jamu tradisional

Jamu satu ini mungkin akan kurang bisa dinikmati oleh anak muda sepertimu. Soalnya, jamu yang dibuat dari bahan dasar daun sambiloto ini memiliki rasa yang cukup pahit. Sampai-sampai, jamu sambiloto lebih dikenal dengan nama jamu pahitan oleh kebanyakan orang.

Di samping rasanya yang pahit, sesekali dalam sebulan kamu perlu juga lho untuk meneguk minuman herbal ini. Jamu sambiloto memiliki khasiat yang dapat membersihkan darah, sehingga nantinya jerawat nggak lagi mudah muncul di wajahmu. Selain itu, untuk para cewek, jamu sambiloto dapat mengurangi keputihan yang kamu alami setiap bulannya, lho.

Oh iya, tenang saja, kamu nggak akan merasakan pahit yang berkepanjangan, kok. Biasanya, setelah meminum jamu ini, kamu akan diberi cairan manisan oleh tukang jamu untuk menetralisir rasa pahit yang kamu rasakan.

5. Badan terasa pegal atau kamu sedang sakit gigi? Jamu cabe puyang adalah ramuan yang perlu kamu minum

jamu berkhasiat bagi tubuh

Memiliki aktivitas yang seabrek, tentu saja tubuhmu sering terasa lelah dan pegal-pegal. Rasa lelah mungkin bisa kamu atasi dengan istirahat yang cukup, tapi tidak dengan pegal-pegal yang mulai bisa terasa hilang setelah dipijat atau memakai balsam tertentu.

Kalau memang tubuhmu sering merasa demikian, coba deh untuk mulai rajin meminum jamu cabe puyang. Jamu ini memiliki khasiat yang dipercaya dapat mengobati rasa pegal-pegal pada tubuhmu—nama lainnya saja jamu pegal linu. Khasiat ini didapat dari zat piperin dan minyak atsiri, yang mana bermanfaat untuk merilekskan saraf-saraf pusat. Selain itu, kalau kamu sedang sakit gigi, jamu cabe puyang juga punya kandungan zat analgesik yang bisa meredakan rasa nyeri pada gigimu itu.

Tenang, rasa jamu ini nggak pedas seperti cabai rawit kok, soalnya cabai yang digunakan adalah cabai khusus untuk jamu.

6. Supaya anakmu kelak tumbuh sehat, minumlah jamu gepyokan untuk produksi ASI yang lebih baik dan lancar

daun katuk, campuran utama jamu gepyokan

Jamu yang satu ini biasanya ditujukan untuk para wanita yang sudah menikah. Namun, sebelum terlambat mengetahuinya, Hipwee mau kasih tahu kalian dulu nih khasiat dari jamu yang bernama gepyokan ini.

Jamu gepyokan dibuat dari jahe, kencur, dan daun katuk yang di-gepyok atau ditumbuk, lalu diperas sarinya. Mengapa jamu ini ditujukan untuk wanita yang sudah menikah? Jamu gepyokan memiliki manfaat untuk memperlancar keluarnya ASI setelah melahirkan. Khasiat ini didapat dari daun katuk dan kencur yang digunakan sebagai bahan dasar. Selain itu, digunakannya jahe sebagai bahan dasar juga bisa membisa memberikan efek rileks untuk tubuhmu.

Ingat-ingat dengan baik ya khasiat jamu gepyokan ini. Jadi, saat kamu melahirkan nanti, khasiatnya bisa segera kamu rasakan.

Terbukti ‘kan kalau jamu nggak lagi hanya untuk orang tua saja? Kamu yang masih muda juga nggak perlu malu untuk mulai meneguknya. Beragam khasiatnya yang ditawarkan jamu-jamu tradisonal ini tak seharusnya diabaikan karena rasa enggan dan malu, lho! :)

Sumber : Hipwee.com

Resep Permen Coklat Untuk Lebaran

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat permen coklat :
– 250 gram coklat dark
– 250 gram coklat white
– 50 gram irisan almond, disangrai
– 50 gram hazelnut, disangrai
Cara Membuat permen coklat untuk lebaran :
– Panaskan air pada panci bawah
– Potong-potong Coklat dark dan white, lalu masukkan masing-masing ke dalam panci atas, kemudian panaskan dengan api sehingga semua coklat meleleh.
– Pilih dan ambil cetakan untuk coklat sesuai selera,
– Tuangkan ke dalam ½ bagian cetakan, masukkan irisan almond atau hazelnut. Kemudian isi cetakan hingga penuh.
– Simpan dalam freezer selama 10 menit hingga mengeras, keluarkan.
– Simpan coklat dalam lemari pendingin atau kulkas.
– Permen coklat sudah siap dihidangkan saat lebaran.